Selasa, 31 Maret 2009

BAHASA ASYIK ... TANPA LOGIKA


by : Dian Mardiyanti, S.Pd

Jika kita mengajukan pertanyaan kepada anak-anak dari seluruh jenjang pendidikan tentang pelajaran apa yang dirasa paling sulit, maka kemungkinan jawaban paling banyak yang akan kita dapatkan adalah…?? Ya, benar sekali. Matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Asing. Adanya pengaruh globalisasi dewasa ini, memang menuntut institusi pendidikan kita untuk mempersiapkan anak-anak didiknya agar memiliki keterampilan berbagai bahasa asing. Alhasil, sekolah tidak hanya sekedar mengajarkan bahasa inggris, tetapi sudah merambah ke bahasa internasional lainnya seperti bahasa jepang, mandarin, perancis, dll.

Telah menjadi rahasia umum bahwa, kendala yang paling sering dihadapi dalam pembelajaran bahasa di Indonesia adalah SPEAKING. Kenapa bisa demikian?? Wah…kalau di uraikan panjang lebar, ntar esensi tulisan ini malah gak nyampe. Sebenarnya mudah/tidaknya suatu ilmu untuk dikuasai, tidak semata-mata tergantung pada tingkat intelektual anak, bakat anak, ataupun tingkat kesukaran pelajaran itu sendiri. Permasalahannya adalah … kita belum menemukan cara yang “PAS” untuk belajar, sehingga rasanya… kita seperti sedang mendaki gunung tinggi, terjal, berbatu dikala hujan salju…alias SUZZAAAH BANGET DITAKLUKKAN. Lalu..gimana sih agar belajar bahasa asing terasa lebih mudah ???

Pertama
Pahami bahwa pada hakikatnya unsur bahasa di belahan dunia manapun adalah SAMA. Selalu ada subyek, predikat, obyek dan keterangan. Gak percaya?? Coba deh liat perbandingan di bawah ini.

Indonesia : Saya belajar bahasa Inggris di kelas
S P O Ket.tempat
Inggris : I study English in the class
S P O Ket tempat
Jepang : Watashi wa kyoushitsu ni eigo o bekyou shimasu
S Ket.tempat O P
Arab : Ana ata’allamu lughatal injiliziyah fil fashli
S P O Ket.tempat
Mandarin : Wo zai jiao shi yingwen xuexi
S Ket.tempat O P

Gimana? Udah percaya kan ...

ke dua
Setelah menyadari point pertama, kita akan tau perbedaannya. Yah..perbedaan pertama ada pada KOSAKATA. Maka, langkah kedua, MENABUNGLAH KOSAKATA. Ingat ! tidak ada yang instant,semua butuh proses. Lamanya? Tergantung pada kemampuan dan semangat individu masing-masing. Ni bisa bervariasi, jadi STOP..pakai ukuran orang lain! Karena ni bisa mematahkan semangat. Perlu di catet, bahwa menghafal kosakata juga ada strateginya. Mau tau…?? Yuk…yak…yuk…
  1. Buatlah kamus pribadi (klasifikasikan sesuai kelompok kata, verb/noun/adj/adv). And tidak harus urut abjad…. Klo terlalau ribet, ntar malah gak jadi belajar. Fungsinya untuk mengukur berapa banyak vocab yang udah kamu kuasai. Jadi setiap kali dapat vocab baru masukkan ke kamus pribadi and….sekaligus masukkan ke dalam memori otakmu. Kalo Cuma nyalin kata ke buku…anak TK juga bisa. Situ bukan anak TK kan??
  2. Berimajinasilah menciptakan sebuah kalimat dengan kata yang baru saja kamu temukan. Bercakap-cakaplah dengan sisi dirimu yang lain (jangan di batin, harus di ucapkan). Ada yang bilang : KLO INGIN MAHIR BERBAHASA ASING, MAKA HARUS SIAP DIANGGAP SEBAGAI ORANG GILA…Tapi tenang..tidak akan gila selamanya kok. Paling-paling 3 bulan pertama (semoga aja tidak keterusan hehehe). Hal ini penting untuk menguatkan vocab-vocab yang sudah kita tanam dalam memori otak kita dan juga sangat membantu dalam mentransformasi informasi dari otak ke mulut kita. Anggap aja PEMBIASAAN tingkat I.
ke tiga
Kalo kosakata udah ada di tangan, dan kita sudah bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat sederhana….Sekarang, waktunya kita belajar bicara secara benar. Maksudnya….disesuaikan dengan tata bahasa negara yang bersangkutan. Waktunya belajar GRAMMAR. Tanpa menguasai hal yang satu ini, kita bisa membuat si pendengar bingung, karena tidak ada perbedaan waktu kapan peristiwa itu terjadi.
Coba deh amati tabel di bawah ini :


Nah…uraian di atas adalah cara belajarnya. Sekarang bagaimana cara agar bisa konsisten belajar. Soalnya, terkadang Mood seseorang itu kan sering naik turun.

Pertama
Luruskan niat. Yakinilah bahwa kelak ilmu itu sebenarnya adalah untuk kita sendiri.. dan bisa juga sebagai ladang amal untuk bekal akhirat kita nanti. Ingat !! Salah satu amal yang tidak akan terputus, walapun kita sudah mati adalah Au’ilmin yuntafa’u bihi alias ilmu yang bermanfaat.
Ke dua
Tentukan target.
Contoh :
3 bulan pertama, aku bisa ngobrol dengan teman yang kemampuannya di bawahku (Eit..disini bukan berarti menganggap diri lebih bisa lho…cuma sebagai alat pengukur kita aja).
3 bulan kedua, aku bisa ngobrol dengan teman yang kemampuannya setara denganku.
3 bulan ketiga, aku bisa ngobrol dengan teman yang lebih mahir dari aku
3 bulan keempat, AKU HARUS BISA BERKOMUNIKASI DENGAN SIPEMILIK BAHASA ITU…..
Mmm….bisa ??? Pasti bisa. Allah itu sesuai prasangka hamba-Nya. Maka jangan pernah berprasangka buruk atas diri kita..kalo kita tidak ingin hal itu benar-benar terjadi.
Ke tiga
Bentuklah komunitas bahasamu
Coba rubah pola pikir kamu dari PASIVIS menjadi AKTIVIS. Kalo kamu kesulitan mencari komunitas, kenapa tidak membentuk komunitas bahasa sendiri. Mulailah dari sahabat-sahabat terdekatmu yang sudah punya sugesti atas dirimu…Yah, itung-itung saling mengajak dalam kebaikan. Dapet pahala lagi lho. Enak kan?
Ke empat
Ekspresikan dirimu dimanapun kamu berada
Bahasa adalah ketrampilan. Jadi kalau tidak sering-sering dipakai, lama-lama dia akan pudar dan benar-benar terkubur. Selama di bumi ini masih ada manusia…BICARALAH !! Gak usah takut atau malu di bilang SOK PINTER..karena itu tandanya ada orang yang iri. Jika ada orang yang iri kepada kita, berarti kita termasuk orang yang berharga. Betul? Betul…betul…betul…

OK…sobat-sobatku..semoga sharing kita kali ini bisa membawa kebaikan bersama.

:hi::eheh::inlove:

3 komentar:

  1. wew...ocre mba dian...qw juga mew blajar bahasa asing ach...

    tiada kata terlambat untuk belajar

    BalasHapus
  2. Aku akan jadi orang pertama yang mendukungmu..Eh, tapi kok ada file yang terpotong ya. Apa emang gak bisa di tampilkan ya?

    BalasHapus
  3. ya da yang terpotong...muup tabel nya blum...lg blajar wat tabel di posting...qw sgra perbarui...

    BalasHapus

.:: FOLLOWER ::.

.:: Blog Archive ::.

.:: BLOGROLL ::.

 

Copyright 2009 by anwar maz

email : anwar_elhoeda@yahoo.co.id